Monday, January 25, 2010

global warming is NOT a fashion trend

Guys, hari ini udah matiin lampu sebelom keluar rumah? Mencabut colokan dari stop kontak? Say no kalau ditawarin kantong plastik? Ga boros memakai air? Buang sampah ditempat sampah? Memilih naik angkutan umum daripada kendaraan pribadi? Menghemat pemakaian kertas?

Not yet, huh? Come oooon, admit it hahahaa.

Itu adalah macam-macam cara untuk mencegah, atau paling tidak mengurangi bahaya global warming yang dampaknya udah kelihatan dimana-mana. Beberapa tahun lalu, waktu isu global warming lagi hangat-hangatnya, hampir semua media memberitakan. Ada yang memberitakan dampak fisiknya, penyebabnya, prosesnya, dan juga pasti disertai berbagai tips untuk mencegah seperti diatas.

But, sadly, as the time goes by, global warming is being another out of dated issue. An old fashioned trend.

Media tidak lagi membahas tentang global warming. Ada banyak berita perceraian artis yang lebih menarik untuk diberitakan. Suhu naik mulai tidak terasa. Bencana dimana-mana jadi kelihatan wajar dan biasa.

Even when global warming was still a trending topic, only a few people cared to do the variable go-green-tips on the magazine they read. Kebanyakan orang mungkin berpikir, masa hanya dengan mematikan lampu aja bisa mencegah global warming? Tidak, kalau hanya ada satu orang yang peduli untuk melakukan. Tapi kalau kita semua bersama-sama sadar dan lebih peduli, mau merelakan sedikit tenaga, waktu, dan kerepotan untuk melakukan hal-hal kecil diatas, jawabannya pasti bisa.

Memang pasti susah buat mengubah kebiasaan-kebiasaan kecil. But at least we do something for our planet earth. Kita lebih susah lagi mengurangi global warming dengan mencegah penggundulan hutan atau menyelenggarakan penghijauan (well, unless you have the power and the money to do all those, then it’s great!). That’s why these tiny lil things matter.

Global warming is not only a fashion trend. It’s not a kaleidoscopic trend. It’s an international evolving issue. We have to be consistent and continously keeping global warming a warm issue because global warming is happening right now, right around us unless you’re too blind to see it.

Have a good day.

No comments: