Wednesday, July 28, 2010

Simply, Just The Universe Guiding

Ada yang pernah denger tentang butterfly effect?

Aku pertama kali tau kata-kata butterfly effect dari filmnya si ganteng Ashton Kutcher, The Butterfly Effect. Waktu itu karena udah mabok ngeliat gantengnya si abang Ashton, jadilah aku ga kepikiran sama seeeekali buat nyari tau arti butterfly effect apaan sebenernya hehee.



Efek kupu-kupu (bahasa Inggris: Butterfly effect) adalah istilah untuk sebuah teori Chaos. Istilah ini merujuk pada sebuah pemikiran bahwa kepakan sayap kupu-kupu di hutan belantara Brazil dapat menghasilkan tornado di Texas beberapa bulan kemudian. Fenomena ini juga dikenal sebagai sistem yang ketergantungannya sangat peka terhadap kondisi awal. Hanya sedikit perubahan pada kondisi awal, dapat mengubah secara drastis kelakuan sistem pada jangka panjang. Jika suatu sistem dimulai dengan kondisi awal dua maka hasil akhir dari sistem yang sama akan jauh berbeda jika dimulai dengan 2,000001 di mana 0,000001 sangat kecil sekali dan wajar untuk diabaikan. Dengan kata lain: kesalahan yang sangat kecil akan menyebabkan bencana dikemudian hari. (Masi ga ngerti? *Saya juga hahahaha* Klik aja nih wikipedia Indonesia atau kalo merasa kurang jelas nih english wikipedia)

Misalnya gini nih. Jam 7.00 di jalan Mawar (nama jalan disamarkan hahaa) ada sebuah kecelakaan gara-gara ada truk yang nyalip bus, terus truk nabrak mobil Kijang diarah berlawanan yang tidak bersalah yang sedang jalan santai dijalurnya sendiri. Seandainya jam 6.50 sebelom ketemu truk ini si mobil Kijang ngisi bensin ke pom dulu, mungkin si Kijang tidak akan ketemu sama truk, karena Kijang baru akan ngelewatin jalan mawar jam 7.10 karena tadi ngisi bensin dulu. There will be no car wreck.

The tiniest difference will drastically affect the final result.

Waktu pertama baca teori butterfly effect, I was like "wow". Aku jadi kepikiran, kalau seandainya tadi pagi aku berangkat kekampus lebih cepet 5 menit, apakah aku akan accidentally ditabrak orang ganteng yang ternyata adalah jodohku?? Apakah kalo tadi aku beli Rinso bukannya So Klin aku akan menang undian deterjen dan bisa jalan-jalan ke Vancouver dan ketemu Robert Pattinson yang lagi syuting?? Well, who knows :D

Kayanya teori butterfly effect ini agak berhubungan sama quote "there is no such thing as coincidence, just simply the universe guiding".

Simply, just the universe guiding. Wow.

ps: gara-gara nekat ujan-ujanan tadi (gerimis-gerimisan sih) sekarang kepala pusing, badan anget, kena angin dikit kedinginan. Right. I catch a cold :(


image source:http://atouchofmelancholy.com/blog/index.php/2009/05/page/2/

1 comment:

ABC said...

ada cabang fisika yg belajar teori chaos juga lol