Thursday, February 17, 2011

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Atas permintaan seorang teman sesama blogger, sapidudunk, ini aku bikin cara bikin daftar isi otomatis di microsoft word 2007. Aku awalnya sik mau repost dari blog orang lain, tapi ternyata bahasanya banyak yang susah jadinya akhirnya aku bikin sendiri dengan bahasa awam yang semoga lebih gampang dimengerti yaah. Abisan akunya juga awam, taunya gitu-gitu doang hahahaa. 

Jika Anda sedang membuat suatu karya tulis yang terdiri dari beberapa bab dan membutuhkan daftar isi, maka sebaiknya Anda mengetik setiap bab pada satu file tersendiri. Misal BAB I Pendahuluan disimpan satu file tersendiri, BAB II Tinjauan Pustaka disimpan pada file tersendiri dan seterusnya.

Setelah semua bab selesai dikerjakan, maka Anda dapat menyatukannya pada satu file yang tersendiri juga. Pada file ini, halaman disusun dengan berurutan yaitu halaman cover, kemudian Kata Pengantar dan seterusnya. Sediakan juga halaman Daftar Isi walaupun daftar isi otomatis belum dibuat (sediakan satu halaman kosong untuk diisi halaman Daftar Isi).

Untuk membuat daftar isi secara otomatis, kita harus membuat heading lebih dulu. Heading secara awam bisa diartikan sebagai judul bab. Misalnya:

BAB I  : heading 1
1.1       : heading 2
1.1.1    : heading 3
1.2       : heading 2
BAB II : heading 1
2.1       : heading 2 dan seterusnya
Cara membuat heading yaitu:
1. Blok judul bab yang akan diformat menjadi heading. Pada contoh dibawah, "BAB I" sebagai judul bab yang akan diformat menjadi heading 1.
2. Tekan tombol Crtl+Alt+nomor heading. Misalnya ingin membuat heading 1, maka tekan Ctrl+Alt+1.
3. Jika ingin membuat heading 2, misalnya pada judul bab"1.1 Latar Belakang", maka blok judul tersebut lalu tekan Ctrl+Alt+2 dan seterusnya.

Setiap judul bab yang ingin ditampilkan pada daftar isi harus diberi format heading. Apabila judul bab tidak diformat heading maka judul bab tersebut tidak akan muncul di daftar isi.

Setelah semua judul bab yang akan ditampilkan didaftar isi diberi format heading, maka sudah bisa dibuat daftar isi secara otomatis. Cara membuat daftar isi otomatis:
1. Tempatkan kursor pada halaman di mana daftar isi ingin ditempatkan.
2. Pada References tab, Table of Contents group, klik Table of Contents, pilih gaya daftar isi yang diinginkan. Maka akan muncul daftar isi otomatis, judul bab akan muncul sesuai dengan judul bab yang diberi heading. Contohnya:
3. Jika Anda mengadakan perubahan pada halaman-halaman karya tulis Anda, sehingga angka halaman terjadi perubahan, misalnya BAB II awalnya di halaman 20, lalu setelah direvisi BAB II bergeser ke halaman 22, maka Anda tinggal mengupdate daftar isi Anda untuk menyesuaikan dengan angka halaman yang baru. Caranya yaitu:
   a. Letakkan kursor pada daftar isi. Lalu klik Update Table
   b. Opsi Update page numbers only : jika halaman berubah tanpa ada tambahan bab baru atau heading baru
       Opsi Update entire table : apabila Anda menambahkan bab baru. Misalnya setelah bab 2.2, Anda menambahkan bab 2.3, maka anda harus memilih opsi ini untuk memperbarui daftar isi Anda.

Nah, gitu tuh cara gampang bikin daftar isi. Sebenernya belajar kaya ginian lebih enak in person dan juga sekalian sambil dipraktekin. Jadi, kalo masih ada yang bingung, itu derita lo! Hahahaha ga deng. Silakan nanya aja deh, semoga aku juga bisa jawab yaah hehee.

3 comments:

sapidudunk said...

ahhhhhh terharuuuuu... *namaku disebutt..** hahahhaha..

dibikinin pula cara2nya dengan sangat detail. Well, aku ngga tahu harus berterima kasih dengan cara apa padamu, lolita.. hehhee..

i owe you much deh pokoknya. Thanks a bunch! It will really helpful :)

Nona Lolita Theobroma said...

@sapidudunk: sama-samaaaa. semoga bisa ngebantu yaah hehee

storyofcamelcow said...

wuihh mantap dehh :D
thank you yaaaahhh, it will help me a lot :)

btw yg minta dibikin posting ttg daftar isi ini, aku loooooo :p