Saturday, February 18, 2012

Even If The Skies Get Rough

Katanya mahasiswi kedokteran gigi itu cakep-cakep, kemana-mana rambutnya diblow, dandan cantik, kerja pake high heels. Yang begitu sih cuman dosen sama ppdgs-nya. Kalo mahasiswa internshipnya sih, nih ya aku jelaskan tampilan umum mahasiswi kedokteran gigi. Rambut diiket atau dicepol biar ga ganggu, pake rok atau celana kain karena ga boleh pake jeans, baju berkerah, jas lab, sepatu teplek, tas gede (bisa ransel atau tas pundak), seringkali nenteng-nenteng toolbox kaya montir bengkel. Dan kalo udah jam pulang klinik, tampilannya berubah jadi keringaten, rambut awut-awutan, plus kadang jas labnya kena noda cairan developer. Gembel banget dah pokonya.

Belom lagi kalo urusan nyari pasien. Ada sih jasa calo yang mau nyariin pasien. But it'll cost me a fortune. I'm neither some rich barbie girls nor porcelain china dolls. If I want something, I gotta work my ass off to get it. Jadi aku berusaha nyari sendiri. Apa lagi kalo bukan dengan cara keliling gang di kampung-kampung.

Kepingin tau rasanya cari pasien keliling kampung? It's the most horrible feeling. Pernah liat sales obat keliling perumahan? Ya kaya gitu. Lebih parah malah. Karena harus milih gang yang kecil-kecil banget, soalnya kalo gang gede biasanya orangnya golongan menengah ke atas dan mana mau dirawat di fkg. Gang yang bahkan motor ga bisa lewat. Sambil suka ada ayam berkeliaran. Also the blinding sun and the awful smell. Belom lagi kalo ada mas-mas nakutin yang suka suit-suit. Suit-suit doang sih masi mending, aku yakin ada beberapa mas-mas yang kalo ada kesempatan pasti mereka bakalan berani nyolek. Naudubillah ya Allah, jangan sampe. 

Kalo lagi nyari pasien gitu, rasanya sediiiihhhhh banget.  Baru ngomong, "Permisi, Bu. Saya mahasiswa fkg, lagi nyari pasien. Mungkin ada gigi yang mau ditambal atau di..." dan belom selesai ngomong udah dipotong, "Ga, mbak. Makasi." And with those looks on their faces, that kind of look yang muncul waktu nolak orang yang dateng ke rumah mau minta sumbangan. Sediiiiiiiiiiihh banget digituin.

It breaks my heart, you know. Sarjana, tapi kaya jadi sales. Apalagi kalo akhirnya pulang empty handed, ga dapet pasien sama sekali. Ada satu hal yang cukup menghibur. Kalo ketemu sama orang yang ramah. Ditawarin perawatan gigi, mereka dengan antusias nanya macem-macem tentang perawatan gigi, kadang bantuin nyariin tetangganya yang mau dirawat, bahkan pernah dipersilahkan masuk rumah dan ditawarin minum walau pada akhirnya ga dirawat.

Kalo lagi galau pasien, biasanya jadi suka mikir, seandainya kuliah di jurusan sosial aja yah. Lulus jadi sarjana, ga usah program profesi, langsung bisa nyari kerja dengan lapangan pekerjaan yang luas, bisa lanjut S2 didalam atau luar negeri dengan pilihan yang lebih banyak dan kesempatan lebih terbuka. Tapi dulu waktu spmb, aku doanya semoga dikasi jurusan apapun, yang penting yang paling baik. Dan dikasinya fkg. Jadi biasanya pikiran andai-andai itu langsuuuung aku buang jauh-jauh.

It's just, why do You have to make it soooooo haaard?

No comments: