Saturday, May 1, 2010

Stop Spreading Hoax, Please!

One thing that I hate the most is: hoax.

Menurut wikipedia:
A hoax is a deliberate attempt to deceive or trick people into believing or accepting something which the hoaxer (the person or group creating the hoax) knows is false.

Atau kalau menurut wikipedia Indonesia:
Sebuah pemberitaan palsu adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengarnya untuk mempercayai sesuatu, padahal sang pencipta berita palsu tersebut tahu bahwa berita tersebut adalah palsu. Salah satu contoh pemberitaan palsu yang paling umum adalah mengklaim sesuatu barang atau kejadian dengan suatu sebutan yang berbeda dengan barang/kejadian sejatinya. Suatu pemberitaan palsu berbeda dengan misalnya pertunjukan sulap; dalam pemberitaan palsu, pendengar/penonton tidak sadar sedang dibohongi, sedangkan pada suatu pertunjukan sulap, penonton justru mengharapkan supaya ditipu.

Sekarang ini hoax yang lagi hot adalah berita tentang Lady Gaga amputated her leg for fashion purposes. That is totally a hoax. Read this article from E!Online.com.

Dan kemarin orang-orang pada heboh ngomongin dan mereka cenderung percaya. Duhh. Ini masih mending beritanya tentang Lady Gaga doang. Aku benciiiiiii banget waktu lagi rame-rame bangetnya hoax tentang ramalan gempa.

Banyak banget broadcast message via bbm, ym, twitter, sms, apa deh semua media kayanya dipake, yang menyebarkan hoax yang engga bertanggung jawab itu. Isinya bilang kalo jam sekian nanti malam akan ada gempa hebat yang mencapai sekian SR yang akan mengguncang Surabaya dan sekitarnya.
Waktu baca, aku langsung tau kalo itu cuman kerjaan orang iseng yang lagi bosan dengan kehidupannya yang tanpa drama. Aku pernah baca di Bobo (hihihiii ketauan dehh) kalau sampai saat ini belom ada teknologi yang mampu meramalkan kedatangan gempa sampai sedetail itu. Sampe tau jamnya segala! Sumpah kepingin banget ngeracunin orang yang menciptakan broadcast message sampah macam begitu.

But the problem is orang-orang cenderung percaya dengan hoax tersebut. Sampe ada seorang temenku dan seisi kosannya yang ngepak koper dan bela-belain ga tidur biar bisa langsung kabur kalau beneran ada gempa hahahahahaa.

Sebenernya mungkin gapapa karena biasanya akan cepet ketauan apakah suatu berita itu hoax apa bukan. Tapi tetep aja kan, mengganggu. Ada juga model berita yang entah masuk hoax apa gosip, yang biasanya populer kalau aku lagi mau ujian.

A: Eh besok bedah mulut ujiannya esai apa pilihan ganda nih?
B: Hah, emang bedah mulut bakalan esai?
C: Apaaaa?? Bedah mulut besok esai??
D: Serius? Guys, katanya besok bedah mulut ujiannya esai! Nyontek yeee!!
E: Aaahh belom belajar nih buat esai bedah mulut!!

Daaaaaaaaaan seterusnya. Kalau udah gini, satu angkatan bakalan hebohhhh. Padahal deh awalnya cuman nanyain itu ujian esai apa kaga. Hadohh.

Makanya kayanya harus ati-ati kalo mau nanyain sesuatu atau ngomong apapun itu. Kalau mau nyebarin berita atau sekedar menanyakan berita, bilangnya juga harus jelas, kalau bisa sertakan sumbernya sekalian. Dan kalau sendirinya masih gatau kebenaran suatu berita, mendingan jangan langsung mempublikasikan, misalnya lewat twitter. Udah deh. Kalau via twitter apalagi kan.

Like I said, mungkin sebenernya gapapa, karena pasti cepet ketauan bener apa engga. Tapi peer banget ga sih kalau sampe udah panic at the disco tapi ternyata beritanya gosip belaka.

Jadi kalau engga ada kerjaan dan lagi bosan dengan kehidupan yang datar, jangan bikin berita yang engga-engga. Mending nonton beritanya anang-syahrini aja ye kaan? Hihihiii.

No comments: