Tuesday, April 24, 2012

Kosan Sweet Kosan

Dulu kalo disuruh bayangin momen meninggalkan Surabaya for good, akan kebayang meninggalkan kosanku tersayang ini bareng-bareng sama Inka, Laili, dan Sinta, dengan aku dan Inka yang udah jadi dokter gigi. Tapi impian itu kandas, karena kita digusur gara-gara kos kita direnovasi.

Emang sik, isu renovasi itu udah merebak dari jaman sekitar 2 taun lalu. Apalagi rumah kosan kita udah reyot banget. Langit-langitnya banyak yang copot, catnya udah pada mengelupas, kalo ujan bocor disana-sini, gentengnya juga banyak yang copot. Tapi isu renovasi itu ga pernah kejadian beneran dan akhirnya kita anggep angin lalu, sambil berharap kalaupun beneran direnov, tar aja sekalian kalo kita udah pada lulus.

Ehh, gaada angin gaada ujan, sebulan yang lalu tiba-tiba mas Hepi mengumumkan kalo kosan akan direnovasi dan paling lambat tanggal 5 Juni kita udah harus hengkang dari sini. Reaksi kita sih macem-macem. Mulai dari ga percaya, akhirnya terpaksa percaya, mau ngedemo ibu kosan, mau nyoba nekat gamau pindah, sampai akhirnya kita sampai di titik dimana kita sadar, kosan akan beneran direnov, kita harus pindah.

Biar dikata rumahnya udah kaya rumah hantu begini, tapi aku betahhh banget banget di rumah ini. Dan waktu nyari kosan baru, gaada yang bisa menyamai rumah ini deh!
1. Kamarnya cukup luas. Apalagi kamar Inka. Ih itu udah jadi basecamp kita deh. Ngerumpi, makan, numpang tidur bisa di situ.
2. Sirkulasi udaranya bagus. Karena di lantai 2 tempat kamar kita (kecuali kamar Sinta) semuanya punya teras gitu. Jadi kalo buka pintu langsung terhubung dengan udara terbuka.
3. Lokasi strategis. Mau kemana-mana gampang, semua tempat belanja yang tenar di Surabaya (Tunjungan Plaza, Delta, Grand City, ITC, Pasar Atum, JMP, dll) bisa dicapai dengan angkot karena angkot yang lewat sini macem-macem.
4. Tarifnya murah banget. Sekarang ini, nyari kosan dengan kamar segede kamarku dan dengan harga semurah kamarku susahhhh banget, bahkan aku ga nemu. Mungkin akan nemu tapi di lokasi yang jauh dari kampus. Kosku yang baru aja harganya nyaris 2 kali lipat harga kosku yang ini huhuhuu.
5. Deket sama pasar. Mungkin akan mikir, ihh apa enaknya deket pasar, kan bau. Wahh, jangan salah. Deket pasar berarti deket sama penjual makanan! Aku kan gabisa masak yaaa, jadi kalo makan harus beli. Disini makanannya variatif banget kalo dibandingkan sama tempat lain.
6. Dan poin paling penting, karena kita udah kaya keluarga disiniii. Udah kenal baik sama orang-orangnya. Nemu kosan yang kita cocok sama orang-orangnya susah lho. Salah-salah kita ga akan bisa membaur sama yang lain dan end up mengurung diri di kamar karena ga punya temen. Sedihhhh.

Masih banyak poin lain sebenernya, misalnya gaada curfew, bisa bebas ngajak temen nginep di kamar (kalo di kos lain sering dipungut tarif lagi), daaaan lain-lain.

Sesungguhnya aku berencana akan baru pindahan kekos baru nanti kalo udah mepet Juni. Eh tiba-tiba Senin kemaren kosan mati lampu. Tadinya kirain ikutan earth hour, tapi kok ga nyala-nyala yaaa. Ternyata korslet aja dong sementara rumah lain udah pada nyala. Sampai manggil tukang listrik, tapi tetep gabisa nyala. Aku sama Inka kebingungan mau tidur dimana karena kalo gaada listrik berarti kita harus tidur panas-panasan. Sementara Surabaya panasnya lagi kaya kompor. Malam itu, aku ketampar banget. Seolah-olah rumah kosan ini memang udah nyuruh kita pergi. It broke my heart.

Things happened really fast. Tadinya cuman iseng nanya ada kamar kosong apa ga ke kos temenku, eh ternyata ada satu kamar kosong. Tiba-tiba udah bayar dp kos baru. Tiba-tiba tadi mulai mindahin barang. Tiba-tiba besok, sepertinya, udah harus tidur di kos baru. I can't believe it's really happening :( :( :(

No comments: