Friday, December 10, 2010

Who Taught Me To Read

Aku mulai bisa baca sejak sekitar kelas 1 SD. Dan aku bisa baca berkat siapa coba? Guru? Mama? Iya sih, secara tidak langsung. Tapi yang bikin aku bisa baca dengan lancar adalaaaaaah, jengjengjeng, majalah Bobo! Ih aku inget banget deh dulu pertama dibeliin Bobo, aku baca cergam tentang keluarga Bobo yang judulnya aku masi inget banget: "Cerdikkah Paman Gembul?" Pertama kali baca masi dieja dikit-dikit. Tapi begitu selesai baca, wusss aku langsung lancar baca tanpa dieja lagi! Uwauw.

Nah ini ada satu fun facts yang aku inget pernah aku baca dari majalah Bobo.

Coba kalian perhatikan deh, dari angka satu sampai sepuluh, itu angkanya bisa dipasang-pasangkan lho, sesuai dengan huruf awal yang sama. Misalnya:
Satu dengan sembilan
Dua dengan delapan
Tiga dengan tujuh
Empat dengan Enam
Lima sama kembarannya lima

Nah ajaibnya, pasangan angka ini kalau dijumlahkan, hasilnya selalu sepuluh!
1 + 9 = 10
2 + 8 = 10
3 + 7 = 10
4 + 6 = 10
5 + 5 = 10
Pretty cool isn't it? Hahaa.

Banyaaaaaak banget pengetahuan yang aku dapet dari Bobo. Ada beberapa fun facts juga yang aku inget dari Bobo. Misalnya, kalo ngeliat suatu bintang dilangit, bisa jadi bintang itu sebenarnya udah mati lho, karena jarak bintang  ke bumi yang jauuuuhh banget sampai ribuan tahun cahaya, jadi cahaya bintang yang kita lihat itu udah menempuh waktu ribuan tahun untuk dapat sampai dan terlihat mata kita sehingga ada kemungkinan bintangnya sendiri udah mati ketika kita melihat cahayanya.

Wooow. Alam semesta begitu luasnya sampai tidak bisa dibandingkan dengan usia manusia yah. Coba kalo kita mau ke suatu planet yang jaraknya seribu tahun cahaya, ya kita pasti keburu meninggal duluan lah dalam perjalanan kesana.

Oh ya, dulu juga aku pernah baca di Bobo, ketika arkeolog menemukan makamnya Firaun di dalem piramid kan biasanya ada banyak harta, baju, perhiasan, dan macam-macam makanan. And surprisingly, ada satu jenis makanan yang ga busuk loh, makanan itu adalah madu! Wuiihh canggih ya, padahal udah ribuan tahun berlalu lho woow.

Terus ternyata cabe itu mengandung vitamin C yang jauh lebih tinggi daripada jeruk lho. Seandainya cabe engga pedes pasti bakalan ada jus cabe yang lebih populer daripada jus jeruk hehee.

PS: Kapan nih aku sidang skripsi?? Huhuu. Kalo seandainya sidang skripsi sama kaya sidang kejahatan kriminal pada umumnya, aku mau deh ngutil dental chair satu biar ditangkep dosen terus disidang. Voila! Sidang beres. Sayangnya ga bagitu huhuh.

PS lagi: I don't wanna be a balloon :(

No comments: