Sunday, September 30, 2012

Sherlock The Series

Aku baru nonton series Sherlock! And I looooove it!!

I am usually not a fan of this kind of series, you know, series yang ceritanya tentang pembunuhan gini, macem CSI atau Dexter. Dan walaupun udah beberapa kali denger tentang Sherlock, tapi aku masi ga tertarik nonton. Tapiiiii kemaren nonton di Dita dan ternyata baguuuuuuus! Langsung deh ngopi season 1-2 hihihi.

Nahh, aku udah kelar nonton yang season 1 and I can't help to notice some things.

Setting waktunya beda dengan yang di novel dan filmnya, kalo Sherlock series ini mengambil London jaman modern. Dr John Watson diceritakan baru pulang dari perang di Afganishtan, sama kaya di novelnya dan sedang mencari flat murah di London. Kemudian Watson diperkenalkan dengan Holmes yang sedang bekerja di labnya. Ini yang bikin aku langsung tertarik, karena ceritanya mirip dengan yang di novel.

Lalu beberapa tokoh yang crucial, yang selalu ada di novel, film, maupun seriesnya, misalnya Mrs.Hudson dan Inspector Lestrade. Lalu ada Sarah Sawyer yang setauku di novel ga pernah ada yang namanya Sarah Sawyer. Aku taunya istrinya Dr.Watson itu Mary Morstan. Tapi aku sukaaaaaaa bangett sama Sarah Sawyer disini! Cantik, baik hati, dan pemberani! Selain itu ada Mycroft Holmes, saudara laki-lakinya Sherlock Holmes. Aku udah suka banget sama Mycroft dari waktu pertama kali baca The Bruce Partington Plan. Dan aku sih lebih suka Mycroft yang di series yah daripada yang di film hihii.

Lalu musuh bebuyutannya Holmes, Professor James Moriarty juga muncul, tapi kalau di series namanya sedikit berubah jadi Jim Moriarty. Aku lebih suka Moriarty yang di series daripada yang di film, karena yang di series jauh lebih serem. He gave chills to me bone!

Terus ada Dr.John Watson, of course. Sama-sama satu-satunya orang yang dekat dengan Holmes. Sama-sama penulis dan menuliskan petualangannya bersama Holmes. Tapi kalo Dr.Watson versi Jude Law lebih muda dan ganteng, dan juga bisa memarahi Sherlock Holmes kalau terlalu lama mengurung diri di kamarnya. But Martin Freeman also make a hell of a Dr.Watson. Oh ya, kalo di film dan di novel, Holmes dan Dr.Watson saling memanggil surname, tapi kalau di series mereka memakai first name.

Dan yang paling oke, Sherlock Holmes-nya. I think Benedict Cumberbatch portrayed Sherlock Holmes really well. Karena aku pernah nonton yang versi film maka mau ga mau pasting ngebanding-bandingin yaahh hehe. Over all, baik Robert Downey Jr dan Benedict Cumberbatch sama-sama bisa menggambarkan Sherlock Holmes di buku yang a very good violist, eccentric, genius, but untidy, arrogant, narcissist, loner, and his lack of ability to build a relationship with another person. Kalo di Sherlock series, si Sherlock Holmes-nya sering bertindak seenaknya dan lebih ngeselin daripada yang di film maupun di novel, bahkan terhadap Mrs. Hudson. Sedangkan kalau di novel, Holmes diceritakan always acted like a gentleman when it came to deal with women.

Terus mereka juga digambarkan sama-sama punya kebiasaan buruk seperti latihan menembak di dinding rumah, senang melakukan percobaan-percobaan kimia di flat, dan stres jika tidak memiliki kasus untuk dipecahkan. Kalo di series, Holmes memakai nicotine patch untuk mengatasi ketergantungannya pada nikotin, sedangkan kalau di novel, selain sering menggunakan pipa rokok, Holmes digambarkan sebagai pengguna obat-obatan terutama kalo sedang sepi kasus.

Walaupun secara garis besar Sherlock Holmes versi Benedict Cumberbatch dan Robert Downey Jr mirip, tapi aku merasa there's something different between them. Kalau Sherlock Holmes versi Robert Downey Jr adalah versi bad boy-nya sedangkan Benedict Cumberbatch adalah versi yang lebih nerd dan dorky. Daaaaaaann dari awal Holmes muncul di episode pertama Study In Pink, I can't help thinking kalau si Sherlock-nya Benedict Cumberbatch ini mengingatkanku pada seseorang. Guess who? He reminds me of Sheldon Cooper yang di Big Bang Theory!! Hahahahahahaa. Sifatnya yang seenaknya, suka memerintah orang lain, sering ngeselin, ihh bener-bener mirip Sheldon dah hahaha.

Nah sekarang mau lanjut namatin season 2! Yay!!

No comments: